Selasa, 28 Januari 2014

Klenteng Bersejarah di Kawasan Petak Sembilan

Kawasan Petak Sembilan atau Pecinan Glodok dikenal memiliki banyak peninggalan sejarah perkembangan masyarakat Tionghoa di Batavia. Dinamakan Petak Sembilan karena dahulu terdapat rumah penduduk terdiri dari petak-petak yang berjumlah sembilan. Wilayah yang masih bagian dari Jl Kemenangan 3 ini, kini masih dihuni oleh mayoritas etnis Tionghoa. Di kawasan ini tak sulit untuk mencari berbagai bangunan bersejarah peninggalan masa lalu yang usianya bahkan sudah ratusan tahun, seperti bangunan klenteng-klenteng berikut ini.


Klenteng Jin De Yuan (Dharma Bakti)

Klenteng ini merupakan yang paling tua usianya di kawasan Petak Sembilan. Dalam catatan sejarah klentang ini dibangun pada tahun 1650, oleh seorang Letnan Tionghoa bernama Guo Xun Guan (Kwee Hoen) untuk menghormati Guan Yi (Dewi Kwan Im).

Mulanya klenteng ini diberi nama Guan Yi Ting (Kwam Im Teng), namun peristiwa pembantaian masyarakat etnis Tionghoa pada tahun 1740 oleh VOC menyebabkan klenteng ini terbakar, hingga akhirnya pada tahun 1755 dibangun kembali oleh seorang kapten Tionghoa bernama Oei Tjhie dan diberi nama Jin De Yuan (Kim Tek Ie) yang berarti ‘klenteng kebajikan emas’.

Di dalam area klenteng ini juga terdapat tiga klenteng lain yaitu Hui Ze Miao, Di Cang Wang Miao dan Xuan Tan Gong. Tepat ditengah halaman utama klenteng Jin De Yuan terdapat dua patung singa dari Provinsi Kwangtung di Tiongkok Selatan. Arsitektur khas Tiongkok telihat dari dominasi warna merah dan atap bangunan yang bergaya ‘ekor walet’, dahulu selain bangunan klenteng dan pemerintahan hanya orang berpangkat atau pejabat yang boleh membangun rumah dengan gaya ekor walet (Yanwei Xing) dan menaruh sepasang patung singa di halaman rumah.

Klenteng Toa Se Bio (Dharma Jaya)

Klenteng tertua berikutnya adalah Toa Se Bio, terletak tak jauh dari Klenteng Jin De Yuan. Menurut catatan sejarah klenteng ini dibangun pada tahun 1715 oleh seorang pedagang yang berniaga di pasar Glodok untuk dipersembahkan kepada Cheng Goan Cen Kun, dinamakan Toa Se Bio yang berarti ‘Klenteng utusan’. Karena, selain lebih mudah diingat juga ada sejarahnya, yaitu pada abad ke-15 utusan Raja Cheng Goan Cen Kun pernah datang ke Glodok untuk bertemu pengurus Klenteng Chen Goan Cen Kun.

Pada tahun 1740 klenteng ini juga sempat terbakar, hampir seluruh bangunan dan perabotan untuk beribadah hangus terbakar. Namun ada benda yang dapat diselamatkan dari kebakaran tersebut yaitu patung Chen Goan Cen Kun dan Hiolo (Tempat untuk menancapkan lidi hio yang biasa diletakan di altar depan patung dewa).

Ada yang menarik di dalam bangunan klenteng ini yaitu terdapat bangunan pagoda cantik yang merupakan tempat lampu minyak umat. Menjelang perayaan Imlek seperti sekarang ini, biasanya ada tradisi rutin yang selalu dilakukan di klenteng Toa Se Bio, yaitu memandikan patung dewa-dewi yang diberi nama I Fuo.



Klenteng Chen Shi Zu Miao (Tanda Bakti)

Dibangun pada tahun 1757, sebagai tempat pemujaan leluhur keluarga Chen. Klenteng yang terletak di Jl Blandongan 97 ini berada di sebuah gang kecil di samping kali. Patung Chen Yuan-guang (pendekar termasyhur yang membuka daerah Zhang-zou pada abad ke-7) menjadi patung utama dalam klenteng keluarga Chen ini. Keturunan keluarga Chen yang berada di Indonesia menggunakan nama Tan sebagai ganti nama Chen yang dilatinisasi.

Arsitektur bangunan klenteng di dominasi warna merah dan ada yang menarik di bagian atap klenteng terdapat relief berupa sepasang naga. Naga menurut kepercayaan orang Tionghoa adalah hewan sakti dan dipercaya sebagai pelindung. Bagian depan klenteng adalah tempat untuk berdoa dan di belakang bangunan terdapat sebuah kolam ikan dan replika bunga teratai.


Relief tiga orang lelaki di depan kolam ikan memiliki arti masing-masing yaitu sebagai umur panjang dari lelaki tua berjanggut putih, sedangkan lelaki yang ditengah memiliki art sandang pangan dan yang menggendong bayi adalah mempunyai anak cucu.

0 komentar:

Posting Komentar

Online Reference
Dictionary, Encyclopedia & more
Word:
Look in: Dictionary & thesaurus
Medical Dictionary
Legal Dictionary
Financial Dictionary
Acronyms
Idioms
Encyclopedia
Wikipedia
Periodicals
Literature
Other languages:
by:
Word of the Day

Article of the Day

This Day in History

Today's Birthday

In the News

Quote of the Day

Spelling Bee
difficulty level:
score: -
please wait...
 
spell the word:

Match Up
Match each word in the left column with its synonym on the right. When finished, click Answer to see the results. Good luck!

 

Hangman