Sabtu, 18 Januari 2014

“Kamis ke-300”, bentuk dukungan kepada keluarga korban pelanggaran HAM

Film pendek wujud karya dari seorang Happy Salma yang diangkat dari cerpennya yang berjudul  Kamis ke-200 ini merupakan peringatan terhadap tujuh tahun aksi ‘kamisan’, Kamisan adalah rutinitas aksi diam para keluarga korban pelanggaran Hak Asasi Manusia yang mengenakan pakaian hitam serta payung senada di depan istana negara tiap Kamis. Film pendek Kamis ke-300 ini diputar pertama kali di Goethe Institut,Jakarta, Jumat malam. Dalam pemutaran tersebut diisi dengan beberapa pertunukan seni diantaranaya, pembacaan cerpen oleh Butet Kartaradjasa barjudul ‘Aku Pembunuh Munir’ karya Seno Gumira, Glenn Fredly yang membuat video khusus bagi keluarga korban dan Tompi yang mengisi acara lewat pertunjukan musiknya.

Turut hadir keluarga-keluarga dan korban dari beberapa ksus pelanggaran HAM seperti, kasus Semanggi 1, kasus Mei 98 dan kasus Tahun 65, salah satunya Ibu Sumarsih orang tua dari Wawan mahasiswa Atmajaya semester 5 yang menjadi korban pada kasus Semanggi 1 berharap dengan film Kamis ke-300 ini, Presiden dapat mewujudkan janjinya dalam mengusut kasus pelanggaran HAM, hal senada juga diucapkan oleh Ibu Ruyati Darwin orang tua dari Eten Kuryana mahasiswa UI yang menjadi korban peristiwa Mei 98 di Plaza Yogya Klender. “kami sampai sekarang akan tetep menuntut bapak SBY, karena sampai sekarang apa yang telah dijanjikan kepada kami para keluarga korban, bahwa beliau itu akan bertanggung jawab dan akan menyelesaikan” ucapnya dengan lirih.


Tak berbeda dangan Bejo Untung, salah satu korban peristiwa tahun 65, mengungkapkan jka pemerintah seolah tutup mata dengan kasus pelangaran HAM. “kami yang berdiri didepan istana yang aktif pada kegiatan kamisan itu, mewakili jutaan korban 65. Dan sampai hari ini pemerintah menutup mata, menutup telinga seolah tidak terjadi semua peristiwa itu, melalui film ini Happy Salma mengingatkan pada kita semua ada suatu pekerjaan rumah yang sangat besar yang harus dikerjakan oleh presiden kita” tegas pria yang sempat ditahan selama 9 tahun ini.


0 komentar:

Posting Komentar

Online Reference
Dictionary, Encyclopedia & more
Word:
Look in: Dictionary & thesaurus
Medical Dictionary
Legal Dictionary
Financial Dictionary
Acronyms
Idioms
Encyclopedia
Wikipedia
Periodicals
Literature
Other languages:
by:
Word of the Day

Article of the Day

This Day in History

Today's Birthday

In the News

Quote of the Day

Spelling Bee
difficulty level:
score: -
please wait...
 
spell the word:

Match Up
Match each word in the left column with its synonym on the right. When finished, click Answer to see the results. Good luck!

 

Hangman