Rabu, 05 Februari 2014

Monumen PETA Saksi Bisu Perlawanan Tentara PETA

Tanggal 14 Februari identik dengan perayaan hari kasih sayang, namun ditanggal ini tepatnya 68 tahun yang lalu terjadi peristiwa besar bagi sejarah bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Tentara PETA (Pembela Tanah Air) dibawah pimpinan Supriadi melakukan perlawanan terhadap penjajah Jepang di Blitar, Jawa Timur.

Perlawanan yang terjadi pada hari selasa dini hari, di Daidan, Blitar, membuat terkejut kubu Jepang. Dentuman suara mortir yang memecah keheningan malam sebagai tanda dimulainya perlawanan tentara PETA Blitar  melawan penjajah Jepang. Namun perlawanan tentara PETA berhasil dipadamkan Jepang, hampir seluruh anggota tentara PETA tertangkap dan Supriadi sendiri dinyatakan hilang. Anggota tentara PETA yang tertangkap diadili dan di hukum mati oleh Jepang.


Untuk mengenang peristiwa tersebut, pada tanggal 14 Februari 1998 dibangun monumen PETA di Blitar dan peresmiaannya dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur M Bsofi Soedirman. Monumen ini terletak di JalanSudanco Supriadi, Kota Blitar di wilayah kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan.

0 komentar:

Posting Komentar

Online Reference
Dictionary, Encyclopedia & more
Word:
Look in: Dictionary & thesaurus
Medical Dictionary
Legal Dictionary
Financial Dictionary
Acronyms
Idioms
Encyclopedia
Wikipedia
Periodicals
Literature
Other languages:
by:
Word of the Day

Article of the Day

This Day in History

Today's Birthday

In the News

Quote of the Day

Spelling Bee
difficulty level:
score: -
please wait...
 
spell the word:

Match Up
Match each word in the left column with its synonym on the right. When finished, click Answer to see the results. Good luck!

 

Hangman