Sabtu, 14 Juli 2012

Mulailah peduli tehadap data

Data dalam sebuah perangkat pengolah data seperti kompuer, laptop, Ipad dan lain sebagainya adalah hal yang sangat penting. Saking pentingnya berbagai upaya harus dilakukan agar keamanan dari data-data yang tersimpan didalamnya tidak hilang atau mengalami kerusakan yang bisa mengakibatkan kerugian bagi suatu individu atau instansi.

Menurut pengertiannya sendiri data adalah catatan atas kumpulan fakta ataupun unit informasi dalam format tertentu. Data dapat berupa angka, teks pada kertas, bit atau byte yang tersimpan pada memori elektronik, atau fakta yang ada pada pikiran manusia. Betapa pentingnya suatu data sebagai bentuk dokumentasi dan sebuah informasi untuk pembuktian sesuatu yang telah dilakukan sebelumnya.
Melindungi data dari kerusakan atau kehilangan yang bisa terjadi kapan saja bisa dilakukan dengan beberapa langkah sederhana berikut :

-Usahakan komputer Anda di partisi menjadi dua drive. dengan mempartisi Harddisk komputer Anda, data yang penting bisa disimpan secara terpisah di drive lain.

-Selalu backup data Anda menggunakan Harddisk Eksternal, dengan begitu data Anda akan mempunyai cadangan di tempat lain.

-Selalu gunakan antivirus up-to-date, Ingat bahwa ada jutaan malware di luar sana yang dirancang untuk menyusupi atau merusak sistem komputer tanpa sepengetahuan pemiliknya. Senantiasa update software antivirus dan software backup, karena selalu ada peningkatan kualitas proteksi yang ditawarkan dalam versi terbaru.

Dengan menjaga keamanan data dari kerusakan ataupu kehilangan secara tidak langsung menanamkan sifat disiplin, peduli dan tanggung jawab terhadap diri pribadi maupun keberadaan data itu sendiri.

5 komentar:

Unknown mengatakan...

trik menarik.... salam silaturahmi..

Muhammad Ilham mengatakan...

moga sukses tugas kuliahnya ya gan.. hehehe

Unknown mengatakan...

@abang janut : salam silaturahmi juga.

@Muhammad Ilham : terima kasih sudah berkunjung.

Unknown mengatakan...

boleh juga :) mampir juga kesini ya ? makasih

Unknown mengatakan...

@Ilham Fajrin : terima kasih semoga bermanfaat

Posting Komentar

Online Reference
Dictionary, Encyclopedia & more
Word:
Look in: Dictionary & thesaurus
Medical Dictionary
Legal Dictionary
Financial Dictionary
Acronyms
Idioms
Encyclopedia
Wikipedia
Periodicals
Literature
Other languages:
by:
Word of the Day

Article of the Day

This Day in History

Today's Birthday

In the News

Quote of the Day

Spelling Bee
difficulty level:
score: -
please wait...
 
spell the word:

Match Up
Match each word in the left column with its synonym on the right. When finished, click Answer to see the results. Good luck!

 

Hangman