Selasa, 24 Juli 2012

Fraud (kecurangan) Di dunia IT

Berbicara tentang fraud (kecurangan) dalam dunia IT di Indonesia sudah sangat biasa dan sudah kebal dengan hukum yang ada.  Sebagai contoh: software2 yang biasa kita gunakan untuk komputer adalah software yang tidak original karena mahalnya biaya untuk membeli software asli, hal ini merupakan salah satu penyebab mengapa orang melakukan kecurangan.

Dalam pengertiannya sendiri fraud (kecurangan) adalah isitilah dalam bidang IT yang bisa diartikan perbuatan melanggar hukum yang dilakukan secara sengaja dan dapat merugikan pihak lain, praktik seperti ini dapat dilakukan oleh orang dalam atau orang dari luar suatu organisasi. Untuk mendapatkan keuntungan baik secara pribadi maupun kelompok dan secara langsung maupun tidak langsung.

Contoh kasus lain dari fraud di dunia IT adalah kasus plagiasi yang terjadi pada salah satu website sebut saja langitselatan.com yang menjadi korban kasus ini. Plagiasi adalah pengambilan karangan (pendapat dsb) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat dsb) sendiri, misal menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri  jiplakan. Dalam situsnya diberitakan bahwa pihak langitselatan.com sebagai korban dari kasus ini oleh salah satu website yang menggunakan tulisan tanpa mencantumkan copyrightnya.

Daftar tulisan yang diambil diantaranya adalah :
berita :

Dari contoh kasus diatas seharusnya kita dapat belajar bahwa fraud (kecurangan) dalam IT dapat merugikan pihak yang merasa dicurangi, karena bagaimanapun juga setiap karya atau ide yang telah dibuat atau diciptakan sudah seharusnya mendapat apresiasi lebih sebagai bentuk penghargaan atas usaha yang dilakukannya, disini seharusnya peran pemerintah harus kuat dalam membuat aturan hukum yang jelas sehingga kedepannya kasus-kasus kecurangan dalam dunia IT dapat di minimalisir.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

ok sob link kmu bisa di cek di http://blijelas.blogspot.com/p/link-exchange.html

Posting Komentar

Online Reference
Dictionary, Encyclopedia & more
Word:
Look in: Dictionary & thesaurus
Medical Dictionary
Legal Dictionary
Financial Dictionary
Acronyms
Idioms
Encyclopedia
Wikipedia
Periodicals
Literature
Other languages:
by:
Word of the Day

Article of the Day

This Day in History

Today's Birthday

In the News

Quote of the Day

Spelling Bee
difficulty level:
score: -
please wait...
 
spell the word:

Match Up
Match each word in the left column with its synonym on the right. When finished, click Answer to see the results. Good luck!

 

Hangman