Jumat, 27 Juli 2012

Masa depan teknologi informasi

Tak ada yang dapat memastikan bagaimana perkembangan teknologi informasi sepuluh atau dua puluh tahun mendatang, seiring dengan kemajuan teknologi dewasa ini yang kian pesat masa depan dari teknologi informasi diperkirkan akan mengalami kemajuan secara pesat pula. Contoh nyatanya adalah sekarang jumlah pengguna internet di seluruh dunia setiap harinya mencapai peningkatan. Menurut data yang diambil dari theultralinx.com dalam satu dasawarsa terakhir, pengguna internet di seluruh dunia meningkat pesat hingga tujuh persen atau 2,1 miliar pengguna.Tidak lain, semua ini berkembang karena adanya gadget dan nirkabel yang cukup mudah didapatkan(sumber).

Dari data tersebut kita dapat membayangkan seperti apa perkembangan teknologi informasi di masa mendatang : 

-Layanan cloud akan lebih murah
vendor akan ramai memakai layanan cloud karena lebih murah. Bahkan teknologi cloud akan memangkas 15 persen pendapatan perusahaan outsourcing terkemuka di tahun 2015

-Jejaring Sosial Akan Booming
Situs jejaring sosial akan makin booming, meskipun terjadi tumpang tindih pengguna. Seiring dengan itu, perusahaan besar seperti Microsoft, IBM, Oracle, Google dan VMMare juga akan terus membesar.

-Konektivitas Tinggi
Sekitar 50 persen dari pengguna email kantoran akan mengakses email dari browser, tablet atau perangkat ponsel pintarnya. Hal itu juga mendukung kenaikan pengguna instant messaging, web conference dan jejaring sosial.

-Pengembang Aplikasi Mobile yang kian marak
Jumlah pengembang aplikasi mobile yang menyasar perangkat tablet dan ponsel pintar akan mengalahkan aplikasi PC. Rasionya mencapai 4:1 di 2015.

Ditambah dengan rencana masa depan komputer generasi ke lima, komputer generasi kelima  adalah komputer yang telah memiliki Artificial  Inteligence  (AI).  Sehingga komputer di masa depan dapat memberikan respon atas keinginan manusia. Banyak  kemajuan  di  bidang  desain  komputer  dan  teknologi  semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model nonNeumann.   
Model  non  Neumann akan  digantikan dengan  sistem  yang mampu
mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lainadalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik  tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Di masadepan fungsi seler (pramuniaga toko) dapat digantikan oleh tokoh animasi, yang dengan sigap dan tak kenal lelah menjawab seluruh pertanyaan calon pembeli melalui computer station yang dipasang di area toko. 

Teknologi kian hari kian canggih seakan akan membuat kita dituntut untuk memilikinya. Bahkan hasrat manusia untuk hidup serba instant membuat kita terus berpikir untuk mencari cara untuk mewujudkannya. Bahkan hal yangdahulu adalah khayalan manusia sekarang dapat terwujud. Kini perusahaan-perusahaan teknologi sedang  gencar-gencarnya berlomba untuk meningkatkan kualitas mereka. Tak heran bila dalam hitungan hari ada saja jenis teknologi-teknologi baru yang muncul mewarnai pasaran dunia dan yang membuat kitaterus dimanjakan. Perkembangan teknologi tidak hanya disini saja, tapi akan terus berlanjut. Oleh karena itu kita tak boleh ketinggalan akan itu. Sehingga kita tak menjadi bangsa penikmat tapi bangsa penghasil, yang bangga akan karya anak bangsa.

0 komentar:

Posting Komentar

Online Reference
Dictionary, Encyclopedia & more
Word:
Look in: Dictionary & thesaurus
Medical Dictionary
Legal Dictionary
Financial Dictionary
Acronyms
Idioms
Encyclopedia
Wikipedia
Periodicals
Literature
Other languages:
by:
Word of the Day

Article of the Day

This Day in History

Today's Birthday

In the News

Quote of the Day

Spelling Bee
difficulty level:
score: -
please wait...
 
spell the word:

Match Up
Match each word in the left column with its synonym on the right. When finished, click Answer to see the results. Good luck!

 

Hangman